Sabtu, 24 November 2012

Pupusnya mimpi meraih ini >> MITSUI-BUSSAN SCHOLARSHIP


Gue mau berbagi cerita tentang MITSUI-BUSSAN SCHOLARSHIP. Meskipun gue harus mengubur keinginan gue tentang mitsui dalam-dalam tapi semoga bermanfaat karena kalau dilihat dari usaha gue mencari-cari contoh soal mitsui di internet itu susah. Ngga ada sama sekali malah. Beda banget sama soal monbusho yang bisa didownload dimana aja.
Mau flashback sedikit dulu nih. Sebenernya gue udah ngincer ini beasiswa sejak gue masih kelas XI. Waktu itu gue bener-bener pengen banget bisa kuliah di luar negeri. Nah jadi kerjaan gue waktu adalah mencari info sebanyak-banyaknya tentang segala macam beasiswa. Gue udah tau tentang monbusho sejak awal kelas XI karena waktu itu sensei bahasa jepang gue udah pernah cerita sedikit dan gue banyak mencari di internet tentang itu. Dan alhamdulillahnya lagi gue nemu info tentang mitsui.  Gue pikir beasiswa ini asik banget. Karena infonya gue rasa belum lengkap, dengan penuh hasrat yang menggebu-gebu gue kirim email ke kontak unsada yang bekerja sama dengan mitsui. Untung bapak-bapaknya baik, dia jawab semua pertanyaan gue.  Sampai gue bikin planning yang membandingkan monbusho dengan mitsui. Dan pastinya mitsui yang menang dong. Hehe. Diliat dari berbagai aspek mitsui jauh lebih menggiurkan dibanding monbusho. Nih gue rinci kelebihan dan kekurangan keduanya  tapi ini yang tahun 2011 karena tentang monbusho 2012 belum banyak infonya. Dan mitsui cuma untuk S1 jadi perbandingannya sama S1-nya monbusho juga.
Schedule
Mitsui-Bussan
Monbusho
Pengiriman dokumen
Maret-April 2011
Mei-Juni 2011
Syarat : nilai minimum rapot semester 5
7
8,4 (S1)
Test
Tertulis : Mei 2011 (math, english)
Kesehatan, Psikotes, interview : Juni 2011
Tertulis : juli 2011 (math, science*, english)
Interview : agustus 2011
Pengumuman
Juli 2011
Januari 2012
Berangkat
Oktober 2011
April 2012
Uang bulanan
¥ 145.000 + home allowance ¥ 25.000
¥123.000
Lama di jepang
5,5 tahun (4 tahun kuliah + sekolah bahasa 1,5 tahun)
5 tahun (4 tahun kuliah +sekolah bahasa 1 tahun)

Ada kursus singkat di Unsada (Universitas Darma Persada) sekitar 2 bulan sebelum keberangkatan ke Jepang

*Science :    Science- A fisika, kimia
                         Science-B Biologi, Kimia

Nah jelas banget kan bedanya. Waktu proses dan keberangakatan yang lebih cepat, tes yang lebih gampang, dan uang bulanan juga lebih banyak kalau mitsui. Huhu. Sedih juga kalo inget ini semua T_T

Oh iya. Kan gue mau ngasih tau tentang soal tertulisnya mitsui. Tapi mau cerita dulu ya.
Oke. Jadi setelah gue menunggu lama akan dibukanya pendaftaran mitsui, akhirnya tiba juga tanggal yang udah gue tunggu-tunggu. Ngisi form udah beres, legalisasi rapot semester 5 juga udah. Tinggal satu lagi yang kurang, yaitu surat rekomendasi dari kepala sekolah. Eh pas gue mau minta ke ibu kepala sekolah, ibunya lagi pergi mulu. Yaudah gue temuin bapak yang ngurus surat-menyurat, eh kata bapaknya ngga bisa kalau dalam bahasa inggris. Gue malah disuruh bikin sendiri. Akhirnya gue nyari di internet, tinggal ditambah-tambahin dikit, ganti alamat dan nama yang ada di templatenya dan jadi deh. Pihak sekolah tinggal melegalisasi. Setelah lengkap, gue masih belum ngirim juga. Karena gue mikir, kalo ngirimnya duluan nanti berkas gue ada di tumpukan paling bawah, jadi gue memutuskan untuk ngirim pas udah tengah-tengah aja.

Waktu itu gue ngirim sekitar bulan April sebelum UN. Tapi sampai bulan mei gue cek email belum dapet email dari mitsui, padahal mereka bilang pengumumannya lewat email. Pasrah lah, tapi menurut gue aplikasinya udah lengkap dan memenuhi persyaratan. Tapi kan siapa yang tahu, mungkin pengirimannya ada yang salah atau gue salah nulis email kan?

Di ambang kegalauan itu, akhirnya gue menerima sepucuk email dari mitsui……………

Meskipun Cuma pemberitahuan nomor urut, gue udah seneng banget padahal belum pengumuman. Pengumumannya lewat websitenya unsada dengan Cuma menampilkan nomor urut yang dikirim lewat email itu. Wah makin deg-degan gue. Tapi alhamdulillah lah ada titik terang.

Berkali-kali gue buka webnya unsada belum ada juga tuh pengumuman, sampai pas ada rasanya udah seneng banget karena nomor gue, IPA 31 ada di situ di antara 160 IPA yang lain dan 16 IPS.

Rasanya pengen banget belajar untuk persiapan mitsui. Tapi gatau mau belajar apa karena gatau tipe soalnya kayak gimana. Gue pikir sama kayak monbusho kali ya. Tapi kan Cuma matematika dan bahasa inggris aja. Jadi gue belajarnya dari snmptn aja, kebetulan kan lagi intensif snmptn juga waktu itu.

Sambil gugling-gugling siapa yang berhasil berangkat ke jepang tahun lalu, akhirnya gue menemukan sebuah nama. Dan gue cari-cari namanya di facebook, tapi ga ketemu (niat banget). Gue terus mencari dan mencari, dan berhasil. Gue nemu facebooknya kak Melia (kalo gasalah namanya itu dan untungnya dia cewek).

Saat udah mepet mau tesnya gue baru kirim message ke dia lewat facebook. Dan itu aja ngga langsung dibales. Sampai suatu malam, kira-kira di H-2 gue liat di online. Ga mau menyia-nyiakan kesempatan, gue langsung chat ke dia. Lama banget ngga dibales. Mungkin dia bingung kali ya, atau risih karena tiba-tiba ada anak yang ngajak kenalan dan langsung memberondongnya dengan banyak pertanyaan mengenai soal tes tertulis mitsui. Dan sekali lagi untungnya dia cewek, coba kalo cowok, pasti gue dikira modus.

Akhirnya kakaknya bales, katanya soal matematikanya soal matdas diatas un tapi ngga sesusah snmptn sedangkan bahasa inggrisnya grammar. Gue mikir, doi kan anak aksel, pasti pinter jadi soal sesusah apa juga bias dibilang gampang sama dia. Dan gue langsung panik, grammar gue kaco, tes STIS aja gue jawab asal banget. Tapi gue harus bisa, gue harus belajar. Dan halangan ada lagi, pas malem sebelum tes, keluarga gue ngajak jalan dan makan di luar, jadilah gue belajar seadanya.

Paginya berangkatlah gue ke unsada di daerah pondok kopi dengan dianter bokap. Untung bokap udah tau tempatnya, jadi selow aja.

Pas nyampe sana, udah rame. Gue ngeliat denah tempat duduk dan ngeliat nama-nama peserta dengan asal sekolah masing-masing. Wah ternyata banyak yang dari daerah juga. Dan ada nama temen gue satu sekolah, Gandes. Tapi sayangnya gue ga terlalu kenal dia, kayaknya gue ngeliat tapi dia selalu ngilang kalo pas istirahat..

Sebelum tesnya dimulai, harus nunggu lumayan lama di tempat duduk, bosen banget jadi bikin deg-degan. Pengen ngobrol juga jarak duduk satu sama lain lumayan jauh, yaudahlah gue diem aja. Eh dua cowok di belakang gue ngobrol, ngga sengaja gue denger omongan mereka. Yang satu anak Semarang yang ngomongnya medok banget, tapi pas denger dia cerita, bikin jiper men. Dia bilang dia gaikut snmptn tertulis karena ikut olimpiade apa gitu di Moskow, wow. Dan yang lain keliatannya pinter-pinter banget. Hah jadi maikn jiper.

Mulailah tesnya diawali dengan tes matematika dengan waktu 90 menit. Bener kata kak Melia soalnya soal matdas, esai. Jadi dikasih satu sheet lembar soal 14 nomor kayaknya tapi beranak. Misal nomor 1 ada a,b,c,d, dst. Terus dikasih pula lembar jawaban bergaris dan harus nulis jawaban disitu, tapi lembar soal boleh dicoret-coret dan kata panitianya nanti lembar soalnya juga akan diperiksa, jadi ngga Cuma lembar jawabannya aja yang diperiksa. Soalnya lumayan gampang sih sebenernya, tapi biasa, gue sering udah ngitung jauh –jauh ngga nemu ujungnya, tapi karena esai, yaudah gue jawab aja langsung tanpa mikir lagi itu bener apa salah. Soalnya seputaran akar, limit, faktor, vektor, peluang juga ada. Matdas lah pokoknya, soalnya yang berbahasa inggris gausah dipusingin karena yang penting kan angkanya kecuali soal peluang.

Abis itu dikasih waktu 15 menit (mungkin) untuk istirahat. Dan setelah waktu istirahatnya abis, masuk lagi untuk ngerjain bahasa inggris. Nah disini nih yang menurut gue susah. Soalnya ada tiga teks, tiap-tiap teksnya ada pertanyaan, macem snmptn lah. Tapi ada soal yang nanya kalimat mana yang salah dari teks itu, dan ada juga soal yang menyisipkan kalimat dalam teks supaya padu. Lalu yang gue suka justru yang grammar, karena  kebetulan baru abis belajar ulang semuanya, jadi ini bisa dibilang lumayan. Biasalah, soalnya ada yang melengkapi dialog dengan grammar yang tepat. Terus ada pula teks yang kata-katanya dikosongin dan harus milih kata yang tepat untuk teks itu dan gue akui vocabnya susah. Yang terakhir yang paling susah, jadi ada beberapa kalimat. Tiap-tiap kalimat harus diganti dengan kalimat yang berbeda tapi masih memiliki makna yang sama. Nah loh. Akhirnya gue ngarang aja disini. Sangat berharap untuk bisa ditelepon nanti untuk tes selanjutnya yaitu tes kesehatan dan psikotes.

Di hari yang dibilang panitianya yaitu tanggal 1 juni, gue galau nungguin telepon. Gue search di twitter, dan nemu beberapa orang yang galau juga kayak gue nunggu ditelepon. Tapi ada satu twit orang yang lagi galau juga, dia bilang temennya udah ditelepon dari malam sebelumnya. Yah rasanya gue pengen nangis, sampai sore ngga ada telepon juga. Eh pas ada telepon, gue langsung deg-degan dan langsung gue buru-buru angkat ternyata yang nelepon adalah bokap, nanyain gue udah ditelepon atau belum. Dan gue bilang aja belum, terus bokap bilang, “yaudah tetep semangat, masih ada snmptn kan?”. Aaaaaaaaaaaaa itu bikin gue mewek. Belom lagi nyokap gue yang bolak-balik nanya, “gimana? Ditelepon gak?”. Sampai hari itu berakhir gue down separah-parahnya. Iyalah impian gue sejak setahun lalu, pupus dalam satu hari. Gue udah sering gagal, mulai dari pernah masuk list snmptn undangan tapi ngga jadi dan nyaris banget dapet padahal dan gue yakin kalau gue pilih ipb mungkin bisa diterima karena kuota undangan ipb lebih banyak dibanding snmptn tulis , pmdk poltekkes 2 gagal juga, stis apalagi.. dan gue berharap semoga ini berhasil sehingga gue bisa bayar semua kekecewaan orang tua gue. Apalagi udah minta doa juga sama mbah dan beberapa sodara-sodara pada ngedoain, ternyata kenyataannya pait. Sedih banget.

Tapi hari itu tangisan dan kekecewaan gue masih bisa gue umpetin, dengan Cuma nangis sendirian di balik bantal. tapi gatau kenapa keesokan harinya gue ngerasa buruk banget, pas mau maghrib puncaknya. Gue nangis di balik bantal, eh kan maghrib, jadi sekeluarga solat berjamaah. Dan disitu udah ngga kuat lagi. Gue nangis terisak-isak dalam solat, ditambah lagi keesokan harinya bokap mulai pindah ke cikarang, meskipun seminggu sekali pulang, besok gue ga solat maghrib berjamaah kayak gini lagi.  Pecah sepecah pecahnya tangisan gue. Sampai berhari-hari masih sakit banget rasanya, mimpi itu udah bener-bener tinggal mimpi sekarang. Monbusho pun gue jadi makin jiper, karena mitsui yang tesnya lebih simple aja gue gabisa, apalagi monbusho yang tesnya lebih rumit dan peminatnya lebih banyak.

Kesimpulan yang gue ambil, bermimpi tinggi-tinggi itu boleh, tapi harus siapin mental buat jatuhnya juga. Karena kalau ngga siap, bakal sakit banget rasanya. Dan jangan terlalu sibuk merencanakan masa depan, make an action in present dan biarkan rencana Allah yang berjalan.  Sempet trauma sama mitsui, kalo ngebayangin bagaimana gue mengidam-idamkannya dan bagaimana dia menjatuhkan gue seperti ini.

Tapi tetep semangat. Banyak orang bilang kalau orang sukses itu adalah orang yang bisa bangkitdari kegagalan. Dan jalan menuju sukses masih banyak kok. Keep on fire J

35 komentar:

  1. thanks banget! Berkat lo gue akhirnya tahu gambaran soal-soal mitsui semoga tuhan membalas kebaikan author yang sudah baik hati sharing info yg berharga!!

    BalasHapus
  2. Wah informatif banet. Honto ni honto arigatou gozaimasu ^^

    BalasHapus
  3. arigatou for the info ^^
    surat rekomendasinya kyk gmna ya?

    BalasHapus
  4. Doumo 39 banget nih senpai atas ceritanya ^_^
    Sekarang udah tau gimana2nya tentang mitsui..
    Kalo mau tanya2 seputar mitsui di mana ya ka? Ada email (mitsui atau unsada) ga yg bisa di tanya2?

    BalasHapus
  5. kak, mau tanya dong, email nya panitia nya apa ya?
    aku dari daerah jadi bingung mau ngedaftarnya. heheh. makasih ya

    BalasHapus
  6. hontou ni sankyuu kak,...
    lha, ngomong" soal surat rekomendasinya kayak gimana itu kak? boleh minta gambarannya gak?

    BalasHapus
  7. makasihh , curhatnya informatif banget ..
    jadi tau gambaran soalnya,,
    semoga kebaikan anda di balas sama yang diatas ,

    BalasHapus
  8. ka kalau yang lulus seleksi adm itu dikirimin email sama univ persadanya?

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas info pengalaman kaka ^ ^
    jadi tau tentang gambaran soal mitsui deh..
    semoga tuhan membalas kebaikan kaka di kemudian hari

    BalasHapus
  10. Makasih kak, informatif banget postingannya. Ada poster, prospektus, sama formnya mitsui nggak kak? Pengen baca nih tapi yg di sadanet uda nggak bisa dibuka. Kalo ada boleh minta tolong uploadin kak atau kirim ke emailku arestk1@gmail.com. Makasih banget kak :)

    BalasHapus
  11. postingan kaka bagus banget,
    kak maaf nama saya agni, boleh gak kak aku juga minta tolong kalau boleh minta poster, prospektus, sama formnya mitsui ? Pengen liat dan baca juga sama di sadanet uda nggak bisa dibuka. Kalo ada boleh minta tolong uploadin kak atau kirim ke emailku agniyasalya96@gmail.com. Makasih banyak kak :).

    o yah ar estk. kalau kamu udah dapet tolong kabar-kabarin yah!!

    BalasHapus
  12. Saya ikut sedih dengan cerita kakak,kalau boleh tahu kakak jadi kuliah dimana? Saya,jadi takut untuk meneruskan impian saya sekolah di Jepang,terima kasih atas infonya,semoga kebaikan kakak bisa dibalas Aaamin

    BalasHapus
  13. makasih banyak.. ngga nyangka juga kalau bisa dapat pengetahuan sebanyak ini tentang beasiswa Jepang.
    Terima kasih :)

    BalasHapus
  14. mbak. boleh minta alamat email mbak...
    sekedar buat sharing.. :D

    BalasHapus
  15. Kak, tahun ini saya ikut mitsui, nah sekarang kondisi saya sama kaya kakak, suratnya disuruh bikin sendiri. Kalo boleh, saya boleh minta contoh suratnya gak kak? Berhubung karena kakak pernah ngikut dan udh berpengalaman hehe

    BalasHapus
  16. waah ternyata susah juga untuk dapat beasiswa mitsui, apalagi saya dengar-dengar yang dierima tiap tahunnya cuma 2 orang..

    BalasHapus
  17. Wah nyesel baru tau ada beasiswa ini, terakhir daftar 4 maret 2016. Kalau boleh tau punya email yang bisa dihubungi gak sis? Mau tanya kalo tahun depan masih bisa apa engga soalnya umur saya masih 20 tahun, tapi september nanti udah 21.

    BalasHapus
  18. Mungkin ada anak, adik, saudara, tetangga yang berminat mengikuti
    MITSUI-BUSSAN SCHOLARSHIP UNDERGRADUATE PROGRAM
    Deadline Pendaftaran: 4 Maret (Jumat), 2016

    Apa itu beasiswa Mitsui-Busan?

    Beasiswa ini adalah beasiswa untuk menempuh pendidikan S1 di Universitas di Jepang khusus untuk warga negara Indonesia.

    Program ini adalah misi budaya Jepang, atas kerja sama antara kementerian pendidikan, atau lebih tepatnya Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology Jepang dan Perusahaan Mitsui & Co., Ltd sebagai sponsor.

    Setelah lulus, penerima beasiswa ini tidak ada ikatan atau kewajiban tertentu apapun.


    Apa Saja Persyaratan Beasiswa Mitsui-Busan?

    1. Harus warga negara Indonesia.

    2. Umur tidak boleh lebih dari 20 tahun per 1 April 2016. Selama kuliah, penerima beasiswa bersedia untuk tidak menikah.

    3. Harus sudah lulus SMA atau sedang kelas 3 SMA dan nilai raport selama sekolah untuk mata pelajaran berikut minimal 70: Matematika, Fisika, Kimia, Bahasa Inggris (untuk Program IPA); Matematika, Ekonomi, Geografi, Bahasa Inggris (untuk Program IPS).

    4. Bahasa Jepang: Penerima beasiswa harus bersedia belajar bahasa Jepang sebelum pendidikan dan kuliah dalam bahasa Jepang.

    5. Syarat Kesehatan: Harus sehat jasmani dan rohani dan tidak menderita infeksi penyakit apapun.

    Jurusan apa saja yang ditawarkan?

    Pilihan studi meliputi hampir semua bidang sains, teknologi, teknik, ilmu sosial, ekonomi, hukum, dll kecuali untuk Jurusan Kedokteran, Farmasi, dan Kedokteran Hewan.

    Berapa lama beasiswa ini?

    Penerima beasiswa akan mendapatkan beasiswa selama 5.5 tahun, terdiri dari 1.5 tahun untuk belajar bahasa Jepang dan 4 tahun belajar di Universitas.

    Beasiswa ini meliputi apa saja?

    Beasiswa meliputi:
    - Biaya hidup (145 000 Yen Perbulan),
    - Biaya transport PP: Indonesia-Jepang,
    -Tunjangan Kedatangan, Biaya pendaftaran dan SPP Kuliah,
    - biaya akomodasi, makan, transportasi lokal, dll, biaya asuransi.

    Kapan Pendaftaran Beasiswa Mitsui-Busan?

    Masa Pendaftaran: 1 Februari – 4 Maret 2016.

    Bagaimana cara Mendaftar Beasiswa Mitsui-Busan?

    Pendaftaran harus dilakukan secara online dan melalui surat (dua-dua nya):

    Pendaftaran Online, melalui alamat website: http://www.mbkscholarship-id.com/

    Pendaftaran melalui pos surat, semua dokumen berikut harus dikirim melalui surat:

    - Fotocopy / ‘print out’ formulir pendaftaran online : 1 copy.
    - Foto 4×3 cm (harus baru, diambil 6 bulan terakhir): 2 copy.
    - Fotocopy raport dari kelas X – XII semua semester, (pengecualian semester terakhir jika saat ini masih duduk di kelas XII SMA) yang sudah dilegalisir : 1 copy.
    - Nilai UAN jika sudah memiliki : 1 copy.
    - Surat rekomendasi (ditulis dalam bahasa inggris) dari kepala sekolah: 1 copy.

    Dengan mencantumkan nomor registrasi dari pendaftaran online di Amplop dan semua dokumen dikirim ke:

    MITSUI-BUSSAN SCHOLARSHIP PROGRAM FOR INDONESIA
    PERSADA : c/o Kampus Universitas Darma Persada (UNSADA)
    Jl. Radin Inten II (Terusan Casablanca), Pondok Kelapa,
    Jakarta Timur 13450 , Indonesia.

    BalasHapus
  19. Smoga membantu... Deadline jumat besok 4 maret 2016 untuk tahun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak, seandainya kita terpilih sebagai pemenang beasiswa itu , kita akan tinggal di Jepang . apakah kita juga harus membayar visa selama di sana ?

      Hapus
  20. maap numpang tanya kak...
    kalo dah diterima beasiswa mitsui apakah masih tes lagi untuk masuk univ nya ?

    BalasHapus
  21. thanks gan, mudah mudahan ane masuk gan ! terima kasih kisah inspiratifnya

    BalasHapus
  22. Arigatou gozaimasu senpai ^^, bermanfaat bgt infonya, berarti mulai dari sekarang hrs nyiapin mental yah. Oia ka pengumuman utk bisa ikut tes tahap 1 kan lwt e-mail, kira2 sampe sebulan gk y dihubunginya??? Soalnya bikin galau ka -_-

    BalasHapus
  23. Arigatou gozaimasu senpai ^^, bermanfaat bgt infonya, berarti mulai dari sekarang hrs nyiapin mental yah. Oia ka pengumuman utk bisa ikut tes tahap 1 kan lwt e-mail, kira2 sampe sebulan gk y dihubunginya??? Soalnya bikin galau ka -_-

    BalasHapus
  24. Arigatou kak :D mudah-mudahan saya masuk ! Bismillahh~

    BalasHapus
  25. maaf kak numpang tanya, kan setau saya terakhir pengiriman berkas tanggal 3 april 2016 nah untuk surat rekomendasi ini ditujukan kepada siapa ya? terima kasih

    BalasHapus
  26. Kak mau nanya, recommendation letter nya itu gimana kalo kakak waktu itu?

    Yang sekadar tulisan "saya kepala sekolah sma xx merekomendasikan siswa ini" atau yang nyeritain gini "siswa ini merupakan rank 1 di kelas, ketua OSIS "?

    Satu lagi, kalo ternyata model yang kedua, boleh atau enggak sih surat rekomendasinya gak ditulis kepala sekolah, melainkan ditulis sama guru yang kita favoritin / kenal dekat sama kita?

    BalasHapus
  27. terima kasih atas responnya, seneng deh postingan ini bisa sedikit membantu buat kalian. Mohon maaf late respon banget soalnya udag gapernah buka blog ini lagi. Jujur saya udah lupa gimana teknisnya karna itu udah lamaaa banget, 4 tahun yang lalu. dan saya pengen ngelupain kegagalan ini sih sebenernya hehe.

    banyak yang tanya tentang recommendation letter yang bahasa inggris. seinget saya waktu itu saya cuma cari google. coba cari yang kira-kira paling gampang buat diedit menurut versi kalian. intinya sih surat itu bisa "menjual" kelebihan kalian di mata panitia. entah itu beneran dipertimbangan atau engga, atau cuma formalitas aja.

    semangat yaa semoga dapet kabar bahagia dari mitsui :)

    BalasHapus
  28. Senpai hontou ni arigatou *kirakira*
    Astaga aku ikut sedih bacanya T.T

    BalasHapus
  29. Makasih banget kak untuk infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tim 2021 juga kak?
      Kita sharing-sharing yuk

      Hapus
    2. Tim 2021 juga kak?
      Kita sharing-sharing yuk

      Hapus
    3. Tim 2021 juga kak?
      Kita sharing-sharing yuk

      Hapus